Polisi Tangkap Pemilik Akun Palsu yang Catut Nama Kapolda Papua

LayarSatu, Manokwari – Tim Buser Polres Manokwari berhasil mengamankan pemilik akun Facebook atas nama ‘Novali Lina’ yang diduga melakukan ujaran kebencian terhadap Kapolda Papua, Irjen. Pol. Drs. Paulus Waterpauw.  Penangkapan terhadap tersangka berinisial MR alias AO (25), Selasa (8/10/2019) saat berada di Lapangan Borasi Manokwari.

Sementara itu, pemilik akun facebook berinisial MR berstatus sebagai mahasiswa di Kabupaten Manokwari. Tim Buser Polres Manokwari juga berhasil mengamankan barang bukti, yakni dua unit telepon selular.

“Tersangka MR diciduk oleh Tim Buser Polres Manokwari, bahkan pada saat penangkapan berlangsung tidak ada perlawanan dari tersangka,” ujar  Kapolres Manokwari AKBP Adam Erwindi

Dari hasil penyelidikan sementara, tersangka MR mengakui pemilik akun facebook atas nama Novali Lina adalah dirinya dan dikelola sendiri. Tersangka MR memposting ujaran kebencian dengan kalimat penghinaan kepada Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw, pada 6 Oktober 2019, sehingga mendapat berbagai macam respon kurang baik dari warganet.

“Motif tersangka melakukan ujaran kebencian adalah untuk menyudutkan perwakilan Kepolisian.  Yakni dengan modus memviralkan kepada masyarakat melalui akun sosmednya,” ujar Adam.

Dari pengembangan selanjutnya, diketahui ada tiga akun dimana tersangka menyebarkan informasi tidak benar.  Dimana 2 akun yang menggunakan nama  wanita dan yang sedang mencoba diselidiki pihak Kepolisian, lanjut Kapolres Manokwari.

“Saat ini tersangka dititip di rumah tahanan Polda Papua Barat. Tersangka ditangkap karena dengan jelas menggunakan akun palsu untuk menyampaikan informasi palsu atau ujaran kebencian yang berusaha menyerang pihak Kepolisian,” tegas Kapolres Manokwari.

Akibat perbuatannya, saat ini tersangka MR dijerat dengan Undang-Undang ITE Pasal 25 Jo Pasal 28 Jo Pasal 27 dengan ancaman hukuman penjara paling lama 6 tahun. [tribrata]

Komentar
Loading...