Polda Jambi Tangkap 9 Pelaku Karhutla

LayarSatu, Jambi – Aksi pembakaran hutan dan lahan kian meresahkan dan sangat merugikan masyarakat.  Mengingat inilah aparat penegak hukum harus bekerja ekstra mencari dan menangkap pelaku. Seperti halnya di Provinsi Jambi, Polisi telah menahanan 9 orang yang diduga pelaku terkait kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Jumat, (16/8/2019).

Kapolda Jambi, Irjen Pol. Muchlis AS menjelaskan, dari 9 tersangka tersebut ditangkap dari berbagai daerah di Provinsi Jambi yang ditangani oleh Polres setempat yakni Polres Batanghari dengan 2 orang tersangka, Tebo (2 orang), Tanjungjabung Barat (2), Tanjungjabung Timur (2) dan Polda Jambi satu orang.

“Saat ini para pelaku telah diamankan guna pemeriksaan lebih lanjut dan mempertanggungjawabkan perbuatannya,” terang Irjen Pol. Muchlis AS

Dari hasil penyidikan kesembilan orang pelaku itu terbukti secara dengan sengaja melakukan pembukaan lahan dengan acara membakar lahan dan hutan. Sehingga terjadi Karhutla yang meluas ke lahan yang lainnya.

“Memang cara itu mudah, tetapi kita harus bisa meliterasi kepada masyarakat dampak kebakaran itu dapat mengganggu kesehatan,” terang Jenderal bintang dua ini.

Sementara ini kondisi di Jambi masih dalam keadaan kondusif terhadap titik api,  namun asap tebal menyelimuti Kota Jambi. [tribrata]

Komentar
Loading...