Rancangan APBK 2019 Akhirnya Disahkan

LayarSatu, Aceh Utara –  Setelah sekian lama tidak ada titi temu antara eksekutif dan legislatif, terkait pembahasan Kebijakan Umum APBK serta Plafon dan Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun 2019.  Akhirnya pihak DPRK Aceh Utara menerima RAPBK Aceh Utara tahun 2019 untuk ditetapkan menjadi qanun dalam Rapat Paripurna ke 5 masa persidangan III DPRK Aceh Utara, Rabu malam (28/11/2018).

Kesepakatan itu ditandai dengan agenda penandatanganan bersama nota rancangan APBK Aceh Utara tahun 2019 oleh Wakil Bupati Fauzi Yusuf dan Wakil Ketua DPRK Abdul Muthalib, SSos, dan Zubir HT. Hal itu dilakukan dalam rangkaian Rapat Paripurna ke 5 masa persidangan III DPRK Aceh Utara dengan agenda persetujuan bersama Rancangan APBK tahun 2019, berlangsung di gedung dewan setempat.

Penandatangan ini dilakukan setelah gabungan komisi, dan tiga fraksi, yakni Partai Aceh, Amanat Karya Bangsa dan Nasdem menyatakan menerima RAPBK Aceh Utara tahun 2019 untuk ditetapkan menjadi qanun.  Sementara fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) terlihat tidak menghadiri sidang serta tidak memberikan pendapat akhir fraksinya.

Pada kesempatan itu, Wabup Fauzi Yusuf menyampaikan terimakasih kepada Panitia Anggaran DPRK yang telah membahas nota keuangan dan rancangan APBK tahun 2019 melalui rapat rapat panitia anggaran.

Pihaknya juga berterima kasih kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah. (TAPD) yang telah menyusun dan membahas bersama dengan panitia anggaran dan diserahkan kepada Gabungan Komisi untuk disepakati. “Alhamdulillah pada malam berbahagia ini dapat diambil suatu keputusan bersama terhadap rancangan APBK tahun 2019 dalam sidang paripurna dewan terhormat ini,” kata Fauzi Yusuf.

Dikatakan, komunikasi dan kerja sama antara eksekutif dan legislatif selama ini hendaknya terus dipertahankan serta ditingkatkan dalam menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan dalam pelaksanaan pembangunan di daerah ini. Kita berharap rancangan APBK Aceh Utara yang telah disepakati bersama menjadi suatu harapan dalam menjawab tuntutan dan kebutuhan masyarakat.

Sidang paripurna ke 5 masa persidangan III DPRK Aceh Utara, Rabu (28 /11) malam, turut dihadiri oleh jajaran Forkopimda, Sekda,  staf ahli, para Asisten, para Kepala SKPK, para Kabag dan camat, serta instansi vertikal.

Dalam sambutannya, Wabup Fauzi Yusuf juga meminta Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah bersama TAPD untuk segera menyesuaikan rancangan APBK 2019 sesuai dengan hasil pembahasan kedua pihak, guna secepatnya disampaikan kepada Gubernur Aceh untuk dilakukan evaluasi.

Adapun RAPBK Aceh Utara tahun 2019 yang ditetapkan dengan jumlah belanja Rp.2.528.841.121.993,-.  Dengan perkiraan defisit Rp.46.362.243.953, yang ditutupi oleh pembiayaan netto. [red]

Komentar
Loading...