Hanya Hitungan Jam, Polisi Tangkap Pencuri Uang Jamaah Salat

LayarSatu, Aceh Utara –  Seorang pria berinisial MI (31) warga Kecamatan Peurelak Timur, Aceh Timur, ditangkap personel polisi, Jumat (11/1/2019) sore. Pasalnya pria tersebut diduga telah mencuri uang milik seorang warga yang sedang salat di Mesjid Baiturrahim, Lhoksukon.  Tersangka ditangkap polisi tidak lama usai kejadian, karena wajah pelaku terekam kamera CCTV.

 diduga mencuri uang belasan juta rupiah milik seorang jamaah shalat di Masjid Baiturrahim, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, Jumat (11/1/2019), sore.

Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin melalui Kapolsek Lhoksukon AKP Teguh Yano Budi, mengatakan, korban melaporkan kejadian kepada pihaknya.  Mendapat laporan tersebut, polisi langsung menyelidiki kejadian yang menimpa warga yang sedang salat itu. Tersangka berhasil ditangkap tidak lama kemudian karena wajahnya terekam lewat CCTV.

“Korbannya Marzuki (33), warga Gampong Alue Itam Reudup LT, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara. Kejadian itu berlangsung saat korban sedang melaksanakan salat Ashar di masjid,” jelas Teguh Yano Budi.

Menurut Teguh, korban atas nama Marzuki sebelumnya menuju lokasi perkumpulan agen sepeda motor di Kota Lhoksukon. Namun karena kekurangan uang, korban menuju lokasi ATM untuk mengambil uang sebanyak Rp 5 juta untuk pembelian sepeda motor.

Karena sudah azan ashar, korban langsung pergi ke Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon. Sebelum salat, korban mengganti celananya dengan kain sarung.  Sementara uang miliknya sekitar belasan juta rupiah disimpan dalam saku celananya. Saat salat, celana ditaruh di sampingnya dan korban berdiri pada shaf belakang.

“Setelah selesai salat, korban berniat mengambil celananya. Korban kaget, karena celana miliknya tidak ada di tempat semula. Korban melapor kejadian kepada pengurus mesjid, yang akhirnya pengurus mesjid melaporkan kejadian ke Polsek Lhoksukon,” ucap Kapolsek Lhoksukon.

Berdasarkan laporan ini, personel Polsek dan unit IV Sat Intelkam Polres Aceh Utara melakukan pemeriksaan saksi-saksi termasuk CCTV.  Dari keterangan saksi, pelaku menumpangi sebuah mobil umum dan melarikan diri ke arah Aceh Timur. Petugas langsung mengejar pelaku yang diduga mengarah ke timur Kota Lhoksukon.

“Sekira pukul 17.30 WIB, tersangka berhasil ditangkap di kawasan Lhok Nibong, Aceh Timur.  Lalu tersangka dan barang bukti diamankan ke Polsek Lhoksukon, untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Pengakuan tersangka, dia nekat mencuri lantaran kebutuhan uang untuk biaya berobat,” jelas Teguh.

Adapun barang bukti yang diamankan bersama tersangka, dalam kasus tersebut diantaranya satu unit handphone, uang Rp17.400.000, satu buah dompet, ATM, SIM C dan satu lembar KTA persatuan agen Lhoksukon, milik korban. [red]

- Advertisement -

Komentar
Loading...