Indonesia Tuan Rumah Pertemuan Menteri Agama 2020

LayarSatu.com – Negara Indonesia akan menjadi tuan rumah Senior Officials Meeting Menteri-Menteri Agama, yakni Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (SOM MABIMS) tahun 2020. Keputusan ini disepakati bersama oleh para delegasi dari 4 negara dalam sidang SOM yang berlangsung di Brunei Darussalam, Rabu (13/11/2018).

Sidang ini diikuti para delegasi yang diketuai pejabat setingkat eselon I. Delegasi Indonesia diketuai Sekjen Kementerian Agama M Nur Kholis Setiawan. SOM MABIMS merupakan even dua tahunan yang dihadiri menteri-menteri agama keempat negara anggota dan akan menjadi gelaran yang ke-19 pada tahun 2020 nanti.

Setahun sebelumnya,  akan digelar SOM. Disepakati bersama bahwa SOM 2019 akan digelar di Singapura. Itu merupakan gelaran SOM ke-44.

“Indonesia,  melalui Kemenag siap menjadi tuan rumah SOM ke-45 dan MABIMS ke-19 tahun 2020,” terang M Nur Kholis Setiawan usai mengikuti sidang Mesyuarat Forum Kertas Tema yang membahas bidang kerjasama di Brunei,  Rabu (14/11/2018).

M Nur Kholis menilai,  SOM MABIMS 2020 bernilai strategis bagi Indonesia untuk terus menggaungkan pentingnya  moderasi beragama dan Islam Wasathiyah.

“Kita akan melakukan evaluasi terhadap wasathiyah sebagai pilihan strategi untuk lebih memperkokoh dimensi kohesif agama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelasnya.

Indonesia, lanjut M Nur Kholis, akan menghadirkan diri sebagai contoh bagaimana Islam mampu mengikuti perkembangan dan mewujud sebagai rahmat bagi sesama. Kepada forum, Sekjen Kemenag mengusulkan agar pada SOM 2019 di Singapura dan atau SOM MABIMS 2020 di Indonesia, dibahas juga tema yang terkait konsevatisme beragama.

“Selain Islam Liberal,  konservatisme juga menjadi isu yang tidak kalah krusial dalam konteks menjaga kehidupan beragama yang rahmatan lil alamin,” ujarnya.

SOM MABIMS 2020 juga akan menjadi mailstones sosialisasi implementasi jaminan produk halal (JPH) di Indonesia. Menurut M Nur Kholis, JPH di Indonesia akan mulai diterapkan tahun depan. Isu ini sangat strategis mengingat Indonesia adalah negara terbesar keempat di dunia dengan penduduk mayoritas umat Islam.

“JPH menjadi program strategis Indonesia. Banyak negara yang berkepentingan dengan JPH Indonesia. Best practises ini yang akan kami diskusikan bersama pada MABIMS 2020,” tandasnya. [kemenag]

- Advertisement -

Komentar
Loading...