Ramai-ramai Kecam Pembantaian Jamaah Mesjid di Selandia Baru

Layarsatu.com – Indonesia mengecam keras aksi penembakan di Masjid Al Noor dan Linwood di Christchurch, Selandia Baru, yang terjadi pada hari Jumat, 15 Maret 2019, sekitar pukul 13:40 (waktu setempat).

Pemerintah dan rakyat Indonesia menyampaikan duka cita mendalam kepada korban dan keluarga korban.

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Wellington terus memantau perkembangan situasi dan telah mengirimkan tim ke Christchurch untuk berkoordinasi dengan otoritas keamanan, rumah sakit dan Perhimpunan Pelajar Indonesia setempat.

Hingga saat ini tidak ada informasi mengenai WNI yang menjadi korban dalam insiden tersebut.

Terdapat 331 WNI di Christchurch, termasuk 134 mahasiswa. Jarak Wellington ke Christchurch 440 km.

Pemerintah menghimbau agar WNI di Selandia Baru untuk tetap waspada dan berhati-hati.

Bagi keluarga dan kerabat yang membutuhkan informasi lebih lanjut dan bantuan konsuler, dapat menghubungi hotline KBRI Wellington,  +64211950980 dan +64 22 3812 065.

Selain Indoensia, kutukan dan kecaman keras juga dilontarkan oleh Presiden Turki, Endorgan termasuk Malaysia.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengutuk keras penembakan di dua masjid di Selandia Baru pada Jumat.

“Saya mengutuk keras serangan teror terhadap Masjid Al Noor di #NewZealand dan jamaah Muslim,” kata Erdogan di Twitter seperti dilansir aa.com.tr.

Dia menyatakan harapannya atas belas kasihan Tuhan kepada para korban penembakan dan pemulihan yang cepat bagi yang terluka.

“Atas nama negara, saya menyampaikan belasungkawa kepada dunia Islam dan warga Selandia Baru, yang menjadi sasaran tindakan tercela ini, contoh terbaru meningkatnya rasisme dan Islamofobia,” katanya. [red]

- Advertisement -

Komentar
Loading...