Potensi Longsor Berpeluang Terjadi di Wilayah Pegunungan Aceh

LayarSatu, Aceh Utara – Berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Malikussaleh, Aceh Utara, potensi hujan sedang akan terjadi pada siang hingga malam hari.  Kondisi ini mulai hari ini hingga 3 hari ke depan untuk 6 wilayah bagian timur Aceh.

“Potensi hujan sedang diperkirakan akan terjadi pada siang hingga malam.  Yakni meliputi wilayah, Kabupaten Bireuen seperti di Kecamatan Peusangan, Peusangan selatan, Jeumpa dan Gandapura.  Serta Kota Lhokseumawe, Kabupaten Aceh Utara, Aceh Timur, Kota Langsa dan Bener Meriah,” ujar Kepala BMKG Malikussaleh Aceh Utara, Nasrol Adil, dalam grup WhatsApp, Info BMKG Malikussaleh, Minggu (20/1/2019).

Selain itu, potensi petir dan puting beliung diperkirakan masih berpeluang terjadi dari siang menjelang sore hingga menjelang malam.  Bukan itu saja, potensi longsor berpeluang di wilayah Bener Meriah, Bireuen selatan,  Aceh Utara bagian selatan. 

“Menjelang dini hari, kondisi ini diperkirakan akan berangsur angsur berkurang,” terang Aidil.

Sementara itu, potensi gelombang tinggi 1.25 meter hingga 2.5 meter juga harus diwaspadai dan berpeluang terjadi di wilayah perairan Kabupaten Bireuen dan Aceh Utara.  

Untuk wilayah Aceh bagian barat dan selatan, masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan disertai angin kencang.  Prakiraan ini terjadi di wilayah Pulau Banyak, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Simeulue, Aceh Jaya, Aceh Timur dan sekitarnya. Kondisi ini dapat meluas ke wilayah Aceh Singkil  dan sekitarnya, tambah prakirawan BMKG Aceh, Karendra Muiz. [red]

 

 

 

- Advertisement -

Komentar
Loading...