22 Penjual Chip dan Pemain Game Higgs Domino Di Lhokseumawe Diamankan

LayarSatu, Lhokseumawe – Tim Opsnal Reskrim Polres Lhokseumawe berhasil mengamankan 22 orang penjual chip dan pemain game Higgs Domino di sejumlah warung kopi di Kota Lhokseumawe.

Ke 22 orang tersebut diamankan dari sejumlah warung kopi di Kota Lhokseumawe yang digelar selama dua hari, yakni Sabtu (18/92021) dan Minggu (19/9/2021), sebut Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto dalam konferensi yang digelar di Mapolres setempat, Senin (20/9/2021) siang.

Dijelaskan Kapolres, penangkapan itu dilakukan terkait maraknya judi online (Higgs Domino) di wilayah hukum Polres Lhokseumawe dan juga banyaknya laporan dari masyarakat.

Sambungnya, MPU Aceh juga telah mengeluarkan fatwa Nomor 1 Tahun 2016 yang menyatakan bahwa permainan dalam aplikasi chip Higgs Domino haram.

“Perbuatan mereka melanggar Pasal 20 Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Hukum Jinayat, yaitu setiap orang yang dengan sengaja menyelenggarakan, menyediakan fasilitas atau membiayai jarimah maisir sebagaimana dimaksud dalam pasal 18 dan 19 Qanun Aceh diancam dengan hukuman ta’zir paling banyak 45 kali dan atau denda paling banyak 450 gram emas murni dan atau penjara paling lama 45 bulan,” terang Kapolres.

Dari penegakan hukum tersebut, pihaknya berhasil mengamankan 22 unit handphone berbagai merek dan uang tunai sebesar Rp570.000 sebagai barang bukti.

Saat ini, para penjual dan pemain chip Higgs Domino itu diamankan di Mapolres guna pemeriksaan lebih lanjut.

Disebutkan Kapolres, usai apel yang dilaksanakan Senin (20/9/2021) di Mapolres setempat, pihaknya melakukan pengecekan terhadap semua handphone milik personel, dan bila kedapatan ada aplikasi game online Higgs Domino, terhadap personel tersebut akan diberikan sanksi tegas.

“Alhmadulillah, dari hasil pengecekan yang dilakukan, tidak ada aplikasi game online Higgs Domino handphone para personel,” jelasnya.

Turut hadir dalam konferensi pers tersebut Dandim 0103/AUT, Wakil Ketua MPU Kota Lhokseumawe, Dinas Sosial Kota Lhokseumawe dan Satpol PP dan WH Kota Lhokseumawe. (YSR)

- Advertisement -

Komentar
Loading...