Aksi Bebaskan Kawan, Ratusan Mahasiswa Turun ke Jalan

LayarSatu, Lhokseumawe – Ratusan mahasiswa dari sejumlah universitas di Kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe, turun ke jalan untuk membebaskan dua temannya, Selasa (21/11/2017). Aksi yang dilakukan oleh Forum Bersama Mahasiswa (Forbesma) bergerak untuk mendesak agar kedua teman mereka dilepas, yang saat ini ditahan di Lapas Klas II A Lhokseumawe.

Ratusan mahasiswa ini bergerak dari Mesjid Islamic Centre Lhokseumaww berjalan kaki menuju bundaran tugu rencong, Lhokseumawe.

Dilokasi tersebut oara mahasiswa melakukan aksi dengan membawa sejumlah poster dan oraai melalui pengeras suara. Setelah beberapa menit melakukan orasi di tugu rencong, mahasiswa kembali bergerak menuju kantor Kejari Lhokseumawe yanh berjarak sekitar 1 km dari tugu rencong.

Aksi ratusan mahasiswa ini dikawal oleh puluhan personel kepolisian. Di depan kantor kejaksaan, para mahasiswa menggelar orasi dan meminta agar temannya segera dilakukan penangguhan tahanan. Pendemo juga meminta penjelasan kepada pihak kejaksaan terkait penahanan kedua temannya. Meski sempat memanas, namun Kajari Lhokseumawe, Mukhlis, SH menemui para mahasiswa.

“Kami tidak dapat menangguhkan penahanan, tanpa adanya surat penetapan penangguhan dari hakim, Pengadilan Negeri Lhokseumawe,” ujar Kajari Lhokseumawe dihadapan ratusan mahasiswa yang didampingi Kapolres Lhokseumawe AKBP Hendri Budiman.

Usai mendapat penjelasan, seiring suara azan dhuhur berkumandang, pendemo langsung bergerak menuju Pengadilan Negeri Lhokseumawe (red).

- Advertisement -

Komentar
Loading...