Melanggar Lokasi Pemasangan, Panwaslih Aceh Utara Tertibkan Seratusan APK

LayarSatu, Aceh Utara –  Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Utara melakukan penertiban terhadap sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) yang dipasang di lokasi terlarang.  Sekitar seratusan APK diturunkan oleh petugas yang di dalamnya tergabung, Panwascam Lhoksukon, Satpol PP dan kepolisian.

Menurut Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran, Panwaslih Aceh Utara, Safwani, SH, di lapangan terlihat masih banyak pemasangan alat peraga kampanye yang dipasang oleh peserta Pemilu di pusat Kota Lhoksukon, Aceh Utara tidak mematuhinya aturan yang telah ditetapkan.

Dimana mekanisme melakukan kampanye dengan cara metode pemasangan APK, terdapat aturan tidak dilakukan ditempat yang dilarang. Sehingga harus dilakukan penertiban terhadap pemasangan tersebut.

Sebelumnya Panwaslih Aceh Utara, menurut Safwani, telah melakukan sosialisasi kepada semua peserta Pemilu. Bahkan beberapa kali memperingatkan para peserta Pemilu untuk tidak memasang APK disepanjang jalan Kota Lhoksukon.  Termasuk fasiltas umum milik pemerintah, di pohon dan ditaman kota, jembatan Kota Lhoksukon.

Namun sejauh ini APK terlihat masih saja terpasang di kawasan dilarang. Sehingga pada Senin tanggal 28 Januari 2019, Panwaslih Aceh Utara memberikan  rekomendasi penurunan alat peraga kepada Pemkab Aceh Utara dengan dibantu oleh Panwascam Lhoksukon, Satpol PP, dan Polres Aceh Utara melakukan penertiban menurunkan APK tersebut.

“Penertiban kita lakukan pada tiga titik, yaitu dimulai dari jembatan Gampong Meunasah Dayah, Keude Lhoksukon, dan disepanjang jalan Gampong Ceubrek.  Dimana ketiga lokasi ini merupakan pusat Ibukota Aceh Utara,” ujar Safwani.

Penurunan APK itu, sambungnya, dilakukan dengan tidak tebang pilih. Diperkirakan ada sekitar seratusan lebih APK yang diturunkan. Pemasangan APK oleh peserta Pemilu dengan tujuan untuk mengajak orang memilih peserta pemilu tertentu, dapat diketahui oleh peserta kampanye atau pemilih. Namun perlu diingat juga semua itu juga punya aturan yang harus diikuti dan sebelumnya telah disepakati bersama.

“Kita sangat berharap dalam masa tahapan kampanye ini, semua peserta Pemilu bisa melakukan pemasangan APK pada tempat yang benar,” ucapnya. [red]

- Advertisement -

Komentar
Loading...