Prajurit TNI Latihan Penanganan Huru-hara Jelang Pemilu Serentak

LayarBerita, Lhokseumawe –  Sekitar 500 prajurit TNI di jajaran Korem 011/Lilawangsa, menggelar latihan pengamanan Pemilu serentak tahun 2019 yang sudah diambang pintu.  Latihan tersebut dibuka langsung oleh Komandan Korem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Purmanto, di Lapangan Jenderal Sudirman Korem 011/Lilawangsa, Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Senin (28/1/2019).

Pada sambutannya, Danrem menegaskan bahwa seorang prajurit TNI harus selalu sigap, serta cepat dalam menjalankan tugas serta harus bertanggung jawab tepat waktu bila menerima perintah dari pimpinannya.  TNI juga siap mengamankan pesta demokrasi yang akan digelar serentak tahun 2019 ini.

Kolonel Purmanto, membacakan sambutan Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko, menjelaskan jika latihan tersebut merupakan upaya membantu pengamanan pemilu legislatif dan presiden tahun 2019. Untuk itulah anggota TNI di bawah Korem 011 Lilawangsa, Provinsi Aceh, melakukan latihan penanggulangan huru hara secara massal pada saat Pemilu nanti.

“Pelaksanaan latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan satuan, agar memiliki kemampuan dan keterampilan yang andal dalam melaksanakan tugas perbantuan kepada pemerintah daerah dan Polri pada pelaksanaan pengamanan Pemilu legislatif dan Pilpres tahun 2019 mendatang,” ungkap Danrem 011 Lilawangsa.

Penanganan huru-hara jelang Pemilu 2019.

Lebih lanjut Danrem menyebutkan, selain melakukan latihan pengamanan fisik anti huru hara, juga akan diberikan materi tentang tahapan penyelenggaraan Pemilu sesuai undang-undang nomor 7 tahun  2017 tentang pemilu, komunikasi sosial, pembinaan ketahanan wilayah, prosedur dan mekanisme permintaan dan pemberian bantuan kepada Polri dalam rangka kamtibmas, penanggulangan kerusuhan massa, penanganan konflik sosial, pengamanan objek vital dan prosedur pengerahan pasukan untuk pelaksanaan pengamanan pemilu dengan cepat dan baik.

“Dengan adanya latihan ini, selain memiliki kemampuan secara personil dan juga tim tentang penanganan anti huru hara, juga diharapkan dapat terwujudnya sinergitas antara instansi terkait seperti Polri dan Pemda setempat. Sehingga latihan ini akan benar-benar dapat menjadi acuan pada pelaksanaan tugas pengamanan pemilu legislatif dan presiden yang sebenarnya,” jelas Danrem.

Oleh karena itu, dirinya meminta kepada peserta latihan supaya mengikuti latihan tersebut dengan penuh kesungguhan dan tanggung jawab serta komunikatif. Agar pengetahuan yang didapat dapat lebih maksimal dan bisa diaplikasikan saat dibutuhkan, pungkas Danrem Kolonel Inf Purmanto membacakan amanat Pangdam IM Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko.

Dalam pembukaan latihan pengamanan pemilu, Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Purmanto didampingi Kasrem Letkol Inf Sunardi Istanto, para Komandan Satuan Dinas Jawatan, para Kasi melakukan pemeriksaan pasukan yang diikuti para prajurit TNI dari Makorem 011/LW, Makodim 0103/Aut, Yonif Raider Khusus 111 Brigif 25/Siwah, Satuan Dinas Jawatan   yang ada di Lhokseumawe jajaran Korem 011/Lilawangsa, serta memeriksa kelengkapan personel, kendaraan maupun lainnya. [rel]

- Advertisement -

Komentar
Loading...