Kivlan Zen Jadi Tersangka Penyebar Hoaks dan Makar

LayarSatu, Jakarta  Mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen, ditetapkan menjadi tersangka dugaan menyebarkan berita bohong dan makar oleh penyidik Mabes Polri. Penetapan tersangka setelah sebelumnya Kivlan Zen diperiksa Polisi sebagai saksi dalam kasus tersebut.

Dikutip dari tribratanews.polri.go.id, Kivlan Zen dilaporkan oleh seseorang bernama Jalaludin asal Serang, Banten dengan nomor laporan LP/B/0442/V/2019/Bareskrim. Perkara yang dilaporkan adalah tindak pidana penyebaran berita bohong (hoaks) UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP Pasal 14 dan/atau Pasal 15 terhadap keamanan negara/makar UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP Pasal 107 juncto Pasal 87 dan/atau Pasal 163 bis juncto Pasal 107.

Kuasa hukum Kivlan Zen, Pitra Ramdhoni mengatakan, kliennya sudah mengklarifikasi kepada penyidik, bahwa tidak ada niatan Kivlan Zen untuk makar dalam unjuk rasa pada 9 Mei 2019.

Meski usia yang sudah menua, Kivlan terkenal vokal ketika mengkritisi Pemerintah. Pada 9 Mei 2019, Kivlan memimpin aksi di Gedung Bawaslu RI untuk melakukan pembelaan terhadap Eggi Sudjana yang ditetapkan sebagai tersangka atas tuduhan kasus makar. [tribrata]

 

- Advertisement -

Komentar
Loading...